Selasa, 24 Januari 2012

KOMPONEN-KOMPONEN BELAJAR MENGAJAR



Apa sajakah yang termasuk komponen-komponen belajar mengajar itu !!!

1.Tujuan
Tujuan merupakan suatu cita-cita yang ingin dicapai dari pelaksanaan pembelajaran.tidak ada suatu pembelajaran yang di programkan tanpa tujuan,karena hal ini merupakan kegiatan yang memiliki kepastian dalam menentukan arah,target akhir dan prosedur yang dilakukan.

Tujuan dalam pendidikan dan pengajaran merupakan suatu cita-cita yang bernilai normatif.Sebab dalam tujuan terdapat sebuah nilai yang harus di tanamkan kepada aak didik yng nantinya akan mewarnai cara anak didik bersikap dan berbuat dalam lingkungan  sosial,baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Tujuan mempunyai jenjang dari yang luas atau umum sampai kepada yang sempit.Semua tujuan itu berhubungan antara satu dengan yang lainnya ,bila tujuan terendah tidak tercapai’ maka tujuan di atasnya tidak ter capai pula.Dengan ini diartikan bahwa dalam merumuskan tujuan ,maka kita harus benar-benar memperhatikan kesinambungan setiap jenjang pendidikan dan pengajarannya.

2 Bahan Pelajaran
        Bahan/materi merupakan medium untuk mencapai tujuan pengajaran yang “dikonsumsi”oleh peserta didik.
Suharsimi Arikunto (1990) bahan/materi merupakan unsur inti yang ada dalam kegiatan belajar mengajar,yang di upayakan dikuasai oleh anak didik.Guru atau pengembangan kurikulum umumnya harus memikirkan sejauh mana bahan –bahan atau topik yang tertera dalam silabus berkaitandengan kebutuhan peserta didik di masa depan.

3.KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)
        Guru dan peserta didik terlibat sebuah interaksi dengan bahan pelajaran sebagai mediumnya.Dalam interaksi itu peserta didiklah yang aktif bukan guru ( CBSA) karena murid sebagai sentral pembelajaran.Interaksi akan dikatakan maksimal bila terjadi antara guru dengan semua peserta didik  atau sebaliknya,peserta didik dengan peserta didik,peserta didik dengan bahan dan media pembelajaran,bahkan peserta didik dengan didinya sendiri  namun tetap dalam kerangka mencapai tujuan yang telah di tetepkan bersama.Untuk hasil yang optimal ,sebaiknya guru harus memperhatikan perbedaanindividual peserta didik,baik aspek biolois,intelektual,maupun psikologis yang di harapkanmemberikan memberikan informasi kepda gurubahwa peserta didik dapat mencapai prestasi belajar yang optimal.
4.Metode
       Metode merupakan suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai suatu tujuan yang telah di terapkan.Seorang guru tidak akan dapat mengajar dengan baik apabila tidak menguasai metode secara tepat.
Syaiful Bahri Djamarah & Winarno Surakhmad (1991),ada lima macam factor yang mempengaruhi penggunaan metode mengajar :
1.Tujuan dengan berbagai jenis dan fungsinya
2.Anak didik dengan berbgai tingkat kematangannya
3.sisuasi berlainan keadaannya;
4.fasilitas berfariasi secara kualitas dan kuantitasnya.
5.kepribadian dan kompetisi guru yang berbeda-beda.
5.Alat
        Alat merupakan segala sesuatu yang dapat di gunakan dalam rangka mencapai tujuan pengajaran .Dalam rangka proses pengajaran maka alat mempunyai fungsi sebagai pelengkap untuk mencapai suatu tujuan.Alat dapat di bagi dua,yaitu :
Alat verbal : suruhan,perintah,larangan
Alat non verbal : papan tulis,globe,gambar dsb.
6.Sumber Pelajaran
Sumber pelajaran adalah segala sesuatu yang dapat di pergunakan sebagai tempat dimana bahan pelajaran didapatkan,dapat berasal dari masyarakat dan kebudayaan seperti di pusat kota,lingkungan pedesaan dan sebagainya.
Roestiyah N.K (1989) sumber-sumber belajar itu adalah :
v  Manusia ( keluarga,sekolah,masyarakat)
v  Buku/perpustakaan
v  Media masa
v  Lingkungan alam,social
v  Alat pelajaran (bukupelajaran,peta,gambar,kaset)
v  Museum
Sudirman N (1991) sumber-sumber belajar itu adalah :
v  Manusia
v  Bahan( materialis)
v  Lingkungan
v  Alat dan perlengkapan
v  Aktivitas
7.Evaluasi (evaluation)
  1. Edwin Wand & Gerald W.Brown
Evaluasi adalah suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.
2.Wayan Nurkancana & Sumartana(1983)
Evaluasi adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai segala sesuatudalam dunia pendidikan atau segala sesuatu yang ada hubungannya dengan  dunia pendidikan.
3.Roestyah (1989)
Evaluasi adalah kegiatan mengumpulkan data seluas-luasnyadan sedalam-dalamnya mengenai kapabilitas siswa guna mengetahui sebab akibat dan hasil belajar
Berdasarkan pengertian-pengertian di atas ,maka evaluasi memiliki tujuan secara umum :
v  mengumpulkan data-data yang membuktikan taraf kemajuan murid dalam mencapai tujuan yamg diharapkan.
v  memungkinkan pendidik/guru menilai aktivitas/pengalaman yang didapat siswa dalam pelajaran.
v  menilai metode mengajar yang di pergunakan.
Merujuk pada tujuan evalusi seperti dikemukakan di atas,maka pelaksanaan evaluasi mempunyai manfaat yang sangat besar baik berkaitan dengan proses belajar mengajar maupun berkenaan denganproduk suatu pendidikan dan desain proses belajar mengajar di masa mendatang.
Seorang guru tidak biasa mengabaikan evaluasi dalam pendidikan ,sekalipun seni,cara dan teknikpelaksanaanya bergantung pada guru masing-masing.Tetapiyang perlu di ingat agar evaluasi yang dilakukan tidak menjadi”hantu”yang menakutkan bagi siswa dan memberikan masukan pada proses pembelajaran berikutnya.

saprani. Diberdayakan oleh Blogger.