Apa sajakah yang termasuk komponen-komponen
belajar mengajar itu !!!
1.Tujuan
Tujuan merupakan
suatu cita-cita yang ingin dicapai dari pelaksanaan pembelajaran.tidak ada
suatu pembelajaran yang di programkan tanpa tujuan,karena hal ini merupakan
kegiatan yang memiliki kepastian dalam menentukan arah,target akhir dan
prosedur yang dilakukan.
Tujuan
dalam pendidikan dan pengajaran merupakan suatu cita-cita yang bernilai normatif.Sebab
dalam tujuan terdapat sebuah nilai yang harus di tanamkan kepada aak didik yng
nantinya akan mewarnai cara anak didik bersikap dan berbuat dalam lingkungan sosial,baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Tujuan
mempunyai jenjang dari yang luas atau umum sampai kepada yang sempit.Semua
tujuan itu berhubungan antara satu dengan yang lainnya ,bila tujuan terendah
tidak tercapai’ maka tujuan di atasnya tidak ter capai pula.Dengan ini
diartikan bahwa dalam merumuskan tujuan ,maka kita harus benar-benar
memperhatikan kesinambungan setiap jenjang pendidikan dan pengajarannya.
2 Bahan Pelajaran
Bahan/materi merupakan medium untuk
mencapai tujuan pengajaran yang “dikonsumsi”oleh peserta didik.
Suharsimi
Arikunto (1990) bahan/materi merupakan unsur inti yang ada dalam kegiatan
belajar mengajar,yang di upayakan dikuasai oleh anak didik.Guru atau
pengembangan kurikulum umumnya harus memikirkan sejauh mana bahan –bahan atau
topik yang tertera dalam silabus berkaitandengan kebutuhan peserta didik di
masa depan.
3.KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)
Guru dan peserta
didik terlibat sebuah interaksi dengan bahan pelajaran sebagai mediumnya.Dalam
interaksi itu peserta didiklah yang aktif bukan guru ( CBSA) karena murid
sebagai sentral pembelajaran.Interaksi akan dikatakan maksimal bila terjadi
antara guru dengan semua peserta didik
atau sebaliknya,peserta didik dengan peserta didik,peserta didik dengan
bahan dan media pembelajaran,bahkan peserta didik dengan didinya sendiri namun tetap dalam kerangka mencapai tujuan
yang telah di tetepkan bersama.Untuk hasil yang optimal ,sebaiknya guru harus
memperhatikan perbedaanindividual peserta didik,baik aspek
biolois,intelektual,maupun psikologis yang di harapkanmemberikan memberikan
informasi kepda gurubahwa peserta didik dapat mencapai prestasi belajar yang
optimal.
4.Metode
Metode
merupakan suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai suatu tujuan yang telah
di terapkan.Seorang guru tidak akan dapat mengajar dengan baik apabila tidak
menguasai metode secara tepat.
Syaiful
Bahri Djamarah & Winarno Surakhmad (1991),ada lima macam factor yang mempengaruhi penggunaan
metode mengajar :
1.Tujuan
dengan berbagai jenis dan fungsinya
2.Anak
didik dengan berbgai tingkat kematangannya
3.sisuasi
berlainan keadaannya;
4.fasilitas
berfariasi secara kualitas dan kuantitasnya.
5.kepribadian
dan kompetisi guru yang berbeda-beda.
5.Alat
Alat merupakan segala sesuatu yang dapat
di gunakan dalam rangka mencapai tujuan pengajaran .Dalam rangka proses
pengajaran maka alat mempunyai fungsi sebagai pelengkap untuk mencapai suatu
tujuan.Alat dapat di bagi dua,yaitu :
Alat
verbal : suruhan,perintah,larangan
Alat non
verbal : papan tulis,globe,gambar dsb.
6.Sumber Pelajaran
Sumber
pelajaran adalah segala sesuatu yang dapat di pergunakan sebagai tempat dimana
bahan pelajaran didapatkan,dapat berasal dari masyarakat dan kebudayaan seperti
di pusat kota,lingkungan
pedesaan dan sebagainya.
Roestiyah
N.K (1989) sumber-sumber belajar itu adalah :
v Manusia (
keluarga,sekolah,masyarakat)
v Buku/perpustakaan
v Media
masa
v Lingkungan
alam,social
v Alat
pelajaran (bukupelajaran,peta,gambar,kaset)
v Museum
Sudirman
N (1991) sumber-sumber belajar itu adalah :
v Manusia
v Bahan(
materialis)
v Lingkungan
v Alat dan
perlengkapan
v Aktivitas
7.Evaluasi (evaluation)
- Edwin Wand & Gerald W.Brown
Evaluasi adalah suatu tindakan atau proses untuk
menentukan nilai dari sesuatu.
2.Wayan
Nurkancana & Sumartana(1983)
Evaluasi adalah
suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai segala sesuatudalam
dunia pendidikan atau segala sesuatu yang ada hubungannya dengan dunia pendidikan.
3.Roestyah
(1989)
Evaluasi
adalah kegiatan mengumpulkan data seluas-luasnyadan sedalam-dalamnya mengenai
kapabilitas siswa guna mengetahui sebab akibat dan hasil belajar
Berdasarkan
pengertian-pengertian di atas ,maka evaluasi memiliki tujuan secara umum :
v mengumpulkan
data-data yang membuktikan taraf kemajuan murid dalam mencapai tujuan yamg
diharapkan.
v memungkinkan
pendidik/guru menilai aktivitas/pengalaman yang didapat siswa dalam pelajaran.
v menilai
metode mengajar yang di pergunakan.
Merujuk
pada tujuan evalusi seperti dikemukakan di atas,maka pelaksanaan evaluasi
mempunyai manfaat yang sangat besar baik berkaitan dengan proses belajar
mengajar maupun berkenaan denganproduk suatu pendidikan dan desain proses
belajar mengajar di masa mendatang.
Seorang
guru tidak biasa mengabaikan evaluasi dalam pendidikan ,sekalipun seni,cara dan
teknikpelaksanaanya bergantung pada guru masing-masing.Tetapiyang perlu di
ingat agar evaluasi yang dilakukan tidak menjadi”hantu”yang menakutkan bagi
siswa dan memberikan masukan pada proses pembelajaran berikutnya.